Mengenal Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, manfaat daun kelor sudah dikenal sejak lama. Tumbuhan yang bisa hidup di pekarangan rumah tersebut bisa dijumpai dengan mudah. Rasanya hampir setiap pekarangan rumah memilikinya. Namun untuk fungsinya bagi kesehatan, mungkin tidak banyak orang tahu seberapa besar manfaatnya.

Mungkin daun kelor lebih dikenal sebagai salah satu tanaman yang ditakuti oleh makhluk halus. Namun faktanya bagi dunia kesehatan, ternyata daun ini memberikan beragam manfaat. Memiliki nama latin Moringa oleifera dan sudah dikenal sebagai salah satu obat herbal. Bahkan khasiatnya sudah dikenal oleh dunia internasional.

Orang barat sendiri menyebut daun kelor sebagai the dumstick tree dan sudah beberapa kali dilakukan penelitian medis. Hasilnya adalah ada kandungan antijamur, antivirus, hingga anti-imflamasi yang sangat berguna bagi tubuh. Karena itu, saat ini ada banyak sekali produk olahan dari Moringa tersebut.

Mengurangi Berat Badan yang Berlebih

Manfaat daun kelor pertama adalah mampu mengurangi berat badan berlebih. Kamu pasti sudah banyak menemui produk olahan minuman dari Moringa tersebut dalam bentuk teh. Ya benar, teh Moringa saat ini sangat populer di masyarakat. Memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan teh pada umumnya.

Fungsi yang paling sering dijumpai adalah efek menurunkan berat bada jika dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Memang hasilnya tidak bisa langsung terlihat karena setiap zat yang terkandung membutuhkan waktu untuk dilakukan prosesnya. Namun jika sudah dikonsumsi secara teratur, maka berat badan akan turun.

Olahan dalam bentuk teh Moringa adalah yang paling banyak dijumpai. Olahan ini mudah dikonsumsi karena bisa dicampur dengan beberapa bahan lain seperti madu. Kamu bisa menyesuaikan intensitas minuman tersebut sesuai selera. Namun untuk mendapatkan berat badan ideal, konsumsi setiap hari adalah salah satu caranya.

Kaya Akan Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satu Manfaat Daun Kelor

Nutrisi yang kaya pada daun kelor memang sudah menjadi rahasia umum bagi kalangan dunia medis. Fakta tersebut sudah resmi dikeluarkan dari berbagai laporan jurnal ilmiah dunia yang menyebutkan bahwa Moringa memiliki banyak kandungan baik. Kandungan ini baik bagi kesehatan tubuh serta mampu memberikan asupan nutrisi.

Sebagai contoh, dalam 20 gram porongan daun kelor saja ada kandungan protein sebanyak 2 gram. Mampu menyediakan 19% vitamin B6, 12 % vitamin C, dan 11% zat besi dari rekomendasi harian. Ditambah dengan 11% Vitamin B2, 9% vitamin A, dan 8% magnesium dari konsumsi harian.

Dari beberapa gram saja sudah mampu melengkapi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat daun kelor seperti ini perlu kamu ketahui demi hidup sehat. Jadi ketika di depan rumah kamu ada pohon kelor, maka bisa mengambil beberapa daunya. Kemudian diolah menjadi makanan atau minuman tertentu.

Menyediakan Banyak Antioksidan untuk Menangkal Radial Bebas

Jika kamu belum tahu, antioksidan adalah sebuah senyawa atau zat yang berfungsi sebagai penangkal radial bebas. Semakin tinggi kadar radial bebas yang masuk dalam tubuh, maka semakin tinggi juga risiko menerima penyakit. Penyakit jantung dan diabetes melitus tipe 2 adalah beberapa contoh dampak radial bebas.

Moringa menyediakan antioksidan tinggi untuk kebutuhan tubuh tersebut. Namun, kamu tidak bisa langsung mengonsumsinya karena perlu diolah terlebih dahulu. Dengan cara mengolahnya, maka kandungan zat antioksidan bisa keluar secara maksimal. Karena itu, biasanya olahan yang paling umum adalah campuran kue atau teh.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah jika terdapat tanaman tersebut di pekarangan rumah. Ambil beberapa daun kemudian keringkan selama beberapa saat hingga mengering. Jika sudah, kamu bisa menyeduhnya menggunakan air panas dengan tambahan madu. Kemudian konsumsi minuman ini setiap pagi untuk merasakan manfaat daun kelor.

Membantu Meredakan Peradangan pada Bagian Tubuh

Kandungan isotiosianat pada daun Moringa atau kelor sudah terbukti ampuh meredakan peradangan pada bagian tubuh. Jika kamu belum tahu, kandungan isotiosianat merupakan sebuah zat anti-peradangan yang mencegah dan meredakan peradangan. Jadi jika ada sebuah radang pada bagian tubuh, mengonsumsi olahan Moringa sangat dibutuhkan sekali.

Apalagi jika dalam keadaan tertentu dan mendadak, kamu bisa memanfaatkan daun ini dengan cara menumbuknya. Biasanya banyak orang juga menghaluskan daun kelor untuk menutup luka. Hal tersebut memang terlihat tidak higienis dan terkesan kotor. Namun faktanya hal tersebut mampu meredakan rasa sakit pada luka.

Dalam beberapa hari saja radang pada bagian kulit bisa langsung sembuh. Cukup mengesankan melihat manfaat daun kelor yang serba guna tersebut. Daripada membeli obat-obatan kimia yang harganya mahal. Maka kamu bisa memanfaatkan daun Moringa sebagai salah satu alternatif pengobatan herbal yang murah dan ampuh.

Mengatasi Adanya Pertumbuhan Sel Kanker

Tidak banyak orang tahu bahwa manfaat daun kelor juga berguna untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Berbagai kandungan zat didalamnya mampu menahan pertumbuhan sel kanker sehingga pertumbuhannya menjadi lambat. Sebuah daun yang hanya tumbuh liar namun mampu memberikan manfaat besar bagi dunia medis internasional.

Umumnya, penggunaan daun Moringa terhadap pasien kanker terletak pada proses kemoterapi. Olahan Moringa dibuat dalam bentuk obat tertentu atau sejenisnya sehingga mampu diserap sepenuhnya oleh tubuh. Penggunaan ini dianggap lebih efektif untuk membantu pasien pengidap kanker sembuh dengan cepat, terutama bagi yang berlum terlalu parah.

Rutin konsumsi Moringa bisa bertujuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh. salah satu cara yang bisa dipakai adalah membuat bubuk Moringa untuk berbagai keperluan. Apalagi saat ini banyak olahan sehat yang ditujukan bagi penderita kanker, terutama dari bahan dasar daun kelor atau Moringa.

Menurunkan Kadar Gula Darah yang Berlebih

Anda pasti mengerti risiko dari kadar gula darah tinggi. Ya benar, masalah gula pada tubuh yang terlalu berlebihan membuat banyak masalah serius seperti diabetes. Penyakit ini sendiri bisa menyebab bekas luka menjadi lama kering. Hal tersebut membuat aktivitas juga terganggu dan membuat tidak nyaman.

Masalah lain adalah kencing gula dimana ada masalah serius pada saluran pembuang air kemih. Zat gula yang mengendap kemudian berubah menjadi kristal dan menyumbat saluran pembuangan air kecil. Manfaat daun kelor bisa membantu menurunkan kadar gula darah sehingga melancarkan proses buang air kecil secara teratur.

Melindungi dari Keracunan Berbagai Macam Makanan

Racun memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi akan selalu ada dalam makanan maupun minuman. Dalam kadar berapapun, racun seperti arsen bisa mengendap pada olahan makanan. Namun dengan rutin mengonsumsi daun kelor, maka kamu bisa menghindarinya. Apalagi olahan kelor atau Moringa sudah banyak diproduksi.

Manfaat dari daun kelor juga bisa membantu mencegah kamu mengalami keracunan arsen. Seperti yang sudah diketahui bahwa arsen adalah salah satu zat berbahaya yang mampu memicu munculnya sel kanker. Kandungan Moringa sudah diuji pada hewan untuk mencegah keracunan arsen dan saat ini sedang dilakukan pada manusia.

Memang tidak ada yang menyangka bahwa tanaman liar pada pekarangan rumah tersebut mamu memberikan beragam manfaat besar. Penelitian demi penelitian sudah membuktikan khasiatnya bahwa ada banyak kandungan baik bagi tubuh. Manfaat daun kelor yang begitu besar sudah sewajarnya juga dinikmati setiap orang melalui berbagai olahan.

error: Content is protected !!
WhatsApp BELI SOP SUBARASHI via WA