Inilah Tips Menjaga Kesehatan Mata agar Tetap Berfungsi Baik

Saat ini, informasi kesehatan seperti tips menjaga kesehatan mata adalah sebuah informasi penting. Kebutuhan untuk tetap menjaga fungsi indra penglihatan seperti ini dirasa perlu seiring dengan gaya hidup modern. Tentu kamu pasti menyadari bahwa saat ini hampir tidak ada orang yang bisa lepas dari gadget.

Hal tersebut membuat mata yang merupakan indra penglihatan dipaksa melihat berbagai tayangan di gadget tersebut. Dalam waktu lama jika dibiarkan, akan ada masalah serius berupa kehilangan fungsi penglihatan. Secara bertahap, kemampuan mata melihat objek dengan jelas akan berkurang sehingga mengakibatkan banyak pengguna kacamata.

Oleh sebab itu, penting sekali kamu memahami bagaimana cara untuk menjaga indra penglihatan tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan mudah tentunya tanpa perlu melakukan perawatan mahal. Hal tersebut karena mencegah akan lebih baik bukan daripada mengobati? Karena itu lakukan beberapa hal berikut.

Konsumsi Buah dan Juga Sayur

Sudah banyak ahli kesehatan merekomendasikan untuk konsumsi buah dan sayur demi tetap menjaga indra penglihatan berfungsi dengan baik. Namun bagi kamu yang tidak suka sayur, mungkin perlu berpikir ulang. Faktanya jika kamu menghindari sayur maupun buah, maka akan sulit membantu menjaga kesehatan pada mata.

Mengonsumsi buah dan sayur merupakan tips menjaga kesehatan mata yang sudah diketahui secara umum. Beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung betakaroten adalah pilihan paling tepat. Zat tersebut mampu memberikan efek baik kepada tubuh. Betakaroten membantu memberikan antioksidan demi mencegah adanya risiko degenerasi makula.

Sayur yang paling sering dipakai sebagai lambang kesehatan indra penglihatan adalah wortel. Bahkan dalam beberapa kartun ternama, wortel selalu dihubungkan dengan indra penglihatan yang baik. Hal tersebut memang wajar karena kandungan betakaroten. Jadi jika kamu ingin tetap memiliki penglihatan baik, seringlah konsumsi wortel.

Hindari Penggunaan Suatu Lensa Kontak

Memakin lensa kontak memang sah-sah saja dan tidak ada yang melarang. Namun bukan berarti harus dipakai selamanya bukan? Faktanya semakin lama memakai lensa kontak, maka semakin sering juga mata merasa tidak nyaman. Hal seperti ini membuatnya kehilangan fungsi untuk melihat objek dengan jelas.

Biasanya, rekomendasi penggunaan lensa kontak adalah tidak lebih dari 19 jam. Waktu tersebut dianggap oleh banyak orang sebagai batas toleransi mata menerima lensa kontak. Selebihnya bagian tubuh ini akan merasa tidak nyaman. Hal tersebut diakibatkan karena ada objek asing yang ikut dan menempel pada kornea.

Tentu ini merupakan tips menjaga kesehatan mata yang wajib kamu ketahui. Mulai sekarang batasi penggunaan lensa kontak supaya tidak menimbulkan masalah. Pakai ketika memang benar-benar diperlukan, terutama dalam keadaan tertentu. Jika hanya melakukan aktivitas biasa, maka sebaiknya tidak perlu menggunakan lensa kontak.

Batasi dari Penggunaan Obat Tetes

Menggunakan obat tetes untuk mengatasi iritasi dan kemerahan pada mata memang diperlukan. Namun jika berlebihan pasti juga tidak baik. Kamu pasti tahu bahwa segala sesuatu yang berlebihan malah akan menyebabkan hal buruk. Begitu juga dengan penggunaan obat tetes untuk membantu meredakan gatal-gatal atau sejenisnya.

Pada dasarnya, obat tetes adalah campuran dari berbagai zat kimia. Jika dipakai dalam dosis tepat, maka efeknya baik bagi penglihatan. Namun jika dipakai secara berlebihan, maka zat kimia tersebut akan memberikan dampak cukup besar. Organ vital ini bisa tidak nyaman dengan kehadiran banyak zat kimia.

Biasanya, setiap obat tetes memiliki dosis berbeda dalam penggunaan. Hal tersebut karena setiap produsen memberikan campuran dan intensitas zat kimia berbeda. Jadi sebelum menggunakannya bacalah terlebih dahulu buku petunjuknya. Karena itu, tips menjaga kesehatan mata ini bisa kamu terapkan di kemudian hari.

Hindari Melihat Suatu Layar Komputer

Sebenarnya bukan hanya menghadap komputer saja yang perlu kamu batasi. Namun semua perangkat elektronik yang memancarkan sinar radiasi langsung ke mata, seperti TV, HP, dan sejenisnya. Banyak ahli kesehatan menyarankan hal seperti ini sebagai tips menjaga kesehatan mata. Terutama bagi kalangan anak muda.

Dampak paling buruk dari terlalu lama menghadap layar komputer atau HP adalah kehilangan fokus. Biasa masalah yang dihadapi adalah mata silinder. Artinya kamu tidak mampu melihat objek secara jelas dalam jarak tertentu. Biasanya objek akan terlihat buram atau yang lebih parah muncul gambar ganda.

Jika sudah demikian, maka nanti kamu harus dibantu dengan menggunakan kacamata supaya memperjelas objek. Sedangkan jika menggunakan kacamata ada beberapa kekurangan, misalnya ketika berkendara pada saat hujan. Jadi sebisa mungkin menghindari menghadap layar komputer dalam jangka waktu lama supaya mata tetap memiliki fungsi baik.

Jangan Membaca di Cahaya Redup, Salah Satu Tips Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki kebiasaan membaca buku atau tulisan lain memang adalah sebuah hobi yang baik. Namun jangan pernah sekalipun membaca buku pada pencahayaan redup. Memang jika masih muda dampaknya tidak akan terasa signifikan. Namun jika dilakukan dalam jangka waktu lama, kamu pasti akan tahu dampak buruknya.

Semakin lama membaca pada kondisi cahaya redup maka semakin besar juga usaha mata melihat objek tulisan. Kebiasaan seperti ini membuat kondisi mata mulai kehilangan fungsinya secara bertahap. Biasanya penderitanya akan mengalami mata minus atau tidak mampu melihat objek dalam radius jarak tertentu.

Jika sudah merasakan tidak nyaman pada penglihatan, maka segera berhenti membaca buku pada kondisi cahaya redup. Kemudian periksa ke dokter apakah kondisi indra penglihatan masih normal atau sudah mengalami penurunan fungsi. Tips menjaga kesehatan mata seperi ini wajib kamu perhatikan demi masa depan.

Matikan Lampu Ketika Sedang Tidur

Anda memiliki kebiasan tetap menyalakan lampu kamar ketika tidur? Jika iya maka sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Faktanya, tetap menyalakan lampu kamar ketika sedang tidur membuat mata tetap bekerja tanpa disadari. Pasti kamu pernah merasakan seperti masih sedang melihat, padahal kelopak mata sudah tertutup.

Hal ini disebabkan karena fungsi penglihatan masih bekerja secara tanpa sadar akibat refleksi cahaya yang menembus kelopak. Akibatnya otak memberikan respon kepada mata supaya melakukan adaptasi dalam kondisi tersebut. Mungkin tips untuk menjaga kesehatan mata ini terdengar sederhana, namun wajib kamu perhatikan dengan benar.

Melakukan Senam dengan Cara yang Sederhana, Salah Satu Tips Menjaga Kesehatan Mata

Dunia kesehatan memang cukup menarik untuk dibahas, apalagi dengan berbagai tips dan trik menariknya. Salah satunya adalah melakukan senam penglihatan untuk menjaga kondisi organ vital tersebut. Senam sederhana dengan menggerakan bola mata ke kiri dan kanan secara bergantian selama beberapa kali dalam waktu tertentu.

Tips untuk menjaga kesehatan mata ini sebenarnya sudah ada sejak lama, hanya saja banyak orang masih enggan melakukannya. Padahal fungsinya sangat baik, bahkan mampu menyembuhkan beberapa masalah penglihatan. Cara paling mudah adalah fokus pada satu titik objek selama beberapa saat dan mengulanginya setiap hari.

Sebagai salah satu organ tubuh vital, tentu saja penglihatan adalah masa depan seseorang. Tanpa fungsi yang baik, maka akan sulit sekali melakukan berbagai aktivitas dalam berbagai kondisi. Bahkan pengidap kelainan mata akan kesulitan mencari pekerjaan. Karena itu, tips menjaga kesehatan mata perlu kamu pahami baik-baik.

error: Content is protected !!
WhatsApp BELI SOP SUBARASHI via WA