Beberapa Makanan Yang Mengandung Protein

Beberapa Makanan Yang Mengandung Protein

Makanan yang berprotein tinggi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jenis makanan berprotein tinggi juga mudah ditemukan, bahkan mungkin sudah anda miliki di rumah. Protein dalam makanan berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang sudah rusak juga untuk membangun jaringan dan sel baru dalam tubuh. Manfaat lainnya yaitu untuk memperkuat tulang, menurunkan tekanan darah, dan mempercepat penyembuhan luka.

Dengan mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi, maka anda bisa menjaga berat badan yang ideal. Pada orang yang obesitas, makanan berprotein bisa menjadi menu diet yang baik. Pada orang yang kurus, asupan protein juga dapat mencukupi bertambahnya berat badan yang lebih ideal. Berikut beberapa makanan yang mengandung protein antara lain;

Telur

Telur adalah salah satu makanan yang berprotein tinggi dan protein murni ada di bagian putih telurnya. Dalam 1 butir telur mengandung kurang lebih 6 gram protein dan 75 kalori. Telur juga kaya vitamin, lemak tak jenuh, dan juga mineral.

Daging

Baik daging ayam maupun daging sama-sama kaya protein. Pada bagian dada ayam mengandung protein sebanyak 50 gram dan 280 kalori. Sementara pada daging sapi mengandung 25 gram protein dalam setiap 85 gramnya. Kandungan kalorinya yaitu 185. Tidak hanya kaya protein, daging sapi dan ayam juga mengandung vitamin B12 dan kaya zat besi.

Makanan Laut

Seafood atau makanan laut seperti udang, ikan laut, cumi, kerang, dll termasuk dalam kategori makanan yang kaya protein. Dalam seporsi ikan laut mengandung 19 gram protein, contohnya salmon dan tongkol. Jenis seafood lainnya seperti ikan tuna mengandung 27 gram protein. Seporsi udang sekitar 20 gram protein. Makanan laut juga mengandung omega-3 dan mineral.

Susu Serta Produk Olahannya

Susu beserta produk olahannya seperti yoghurt dan keju juga mengandung protein tinggi, kaya kalsium dan mengandung vitamin D yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Dalam segelas susu mengandung 8 gram protein. Sementara dalam 100 gram keju mengandung 20 gram protein, dan dalam 100 gram yoghurt mengandung kurnag lebih 10 gram protein.

Susu yang akan dikonsumsi sebaiknya susu rendah lemak atau skim. Jenis susu yang demikian umumnya rendah kolesterol, lebih banyak mengandung kalsium sehingga dapat mencegah osteoporosis dan dapat menjaga kekuatan tulang serta gigi.

Jeroan

Hati sapi mengandung sekitar 27 gram protein dalam setiap 100 gramnya. Sekalipun tergolong dalam makanan yang berprotein tinggi, namun anda tetap harus berhati-hati saat akan mengonsumsi jeroan. Pasalnya di dalam jeron terkandung kolesterol yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan resiko gangguan pembuluh darah juga jantung. Selain itu, mengonsumsi jeroan terlalu banyak juga akan meningkatkan resiko asam urat.

Jenis Makanan Protein Nabati

Makanan yang mengandung protein tidak hanya didapatkan dari hewan, namun bisa juga dari tumbuhan. Protein yang berasal dari tumbuhan disebut dengan protein nabati. Berikut beberapa makanan yang berprotein nabati;

–        Tahu dan tempe

–        Gandum

–        Biji- bijian

–        Kacang-kacangan

–        Brokoli

Makanan seperti brokoli juga mengandung kalium, serat, vitamin C, juga vitamin K. Tidak hanya itu, Brokoli juga mengandung antioksidan yang bisa mengurangi resiko penyakit kanker. Sementara pada kacang-kacangan juga mengandung serat dan magnesium.

Makanan yang mengandung protein nabati tergolong bagus dan sehat untuk dikonsumsi. Namun, kandungan protein nabati lebih sedikit jika dibandingkan dengan protein yang bersumber dari hewan. Untuk itulah, anda harus bijak dalam memilih jenis makanan, harus tetap seimbang agar tubuh selalu sehat dan bugar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
WhatsApp Tanya SOP SUBARASHI via WA