Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Photo by Zac Durant on Unsplash

Pandemi Covid-19 telah mengubah gaya hidup semua orang di seluruh dunia. Melakukan berbagai kegiatan di rumah, membatasi mobilisasi, hingga masalah ekonomi bagi sebagian besar orang dapat mengakibatkan stres. Kesepian bagi orang yang harus melakukan isolasi mandiri juga tidak baik untuk kesehatan mental.

Jenis Gangguan Kesehatan Mental

Yang akan mempengaruhi kesehatan mental adalah peristiwa atau keadaan dalam kehidupan seseorang yang memberikan dampak besar pada perilaku dan kepribadiannya. Pandemi yang telah berlangsung lama di seluruh penjuru dunia dapat memunculkan berbagai gangguan kesehatan.

  1. Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder)

Cemas atau gugup atau gelisah merupakan perasaan normal dari setiap orang jika menghadapi hal-hal tertentu. Reaksi alami dari tubuh ini dapat membantu seseorang untuk lebih waspada dan berhati-hati.

Namun jika cemas berlangsung secara berlebihan dan mengganggu aktivitas maka hal tersebut sudah tidak sehat. Kondisi ini terjadi karena terdapat masalah di otak yang mengatur emosi dan rasa takut.

  1. Depresi

Depresi merupakan gangguan suasana hati karena rasa sedih mendalam dan tidak ada rasa peduli. Jika seseorang merasa sedih, tidak berharga, dan tidak memiliki harapan dalam waktu tertentu maka orang tersebut telah mengalami depresi.

Produktivitas yang menurun, hubungan sosial terganggu, hingga adanya niat untuk bunuh diri akan terjadi jika depresi tidak segera mendapatkan penanganan. Depresi dapat menjangkit siapa saja termasuk perempuan dan umumnya terjadi pada orang dewasa.

  1. Stres

Tubuh akan memberikan reaksi berupa stres ketika ada tekanan, ancaman, dan perubahan yang terjadi. Stres juga dapat muncul ketika keadaan atau pikiran seseorang membuatnya merasa gugup, putus asa, atau bersemangat.

Napas dan detak jantung yang cepat, otot kaku, dan tekanan darah meningkat merupakan respons tubuh ketika stres. Stres berkepanjangan akan membuat kesehatan fisik dan daya tahan tubuh menjadi buruk.

Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

Untuk menjaga kesehatan terutama mental di masa pandemi, bisa melakukan hal-hal berikut.

  1. Merancang kegiatan rutin

Terlalu banyak berdiam diri di rumah akan tidak baik terutama bagi yang mudah merasa bosan. Lakukan hobi yang bisa membuat perasaan senang dan tidak stres. Bisa dengan memasak, menggambar, menonton film, dan lain sebagainya.

  1. Menjaga komunikasi dengan orang lain

Hubungi rekan, sahabat, dan keluarga untuk mengurangi tekanan batin dengan mencurahkan kekhawatiran. Dengan kecanggihan teknologi komunikasi bukan hanya dengan berbalas pesan saja, bisa dengan melakukan panggilan video.

  1. Melakukan olahraga

Lakukan olahraga ringan di rumah seperti lari-lari kecil. Aktivitas fisik akan memicu munculnya hormon endorfin untuk mengurangi stres, rasa khawatir, dan mood menjadi baik. Untuk meningkatkan sistem imun bisa dengan berjemur di bawah sinar matahari.

  1. Memenuhi asupan gizi

Penuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin, serat, dan lain-lain dari berbagai sumber makanan. SOP Subarashi adalah produk makanan untuk mendukung kesehatan tubuh. Terbuat dari berbagai bahan dan dapat memenuhi kebutuhan gizi merupakan salah satu khasiat sop subarashi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
WhatsApp BELI SOP SUBARASHI via WA