Cegah Kanker Usus Besar dengan Pola Makan Berikut

Cegah Kanker Usus Besar dengan Pola Makan Berikut

Akan tetapi, ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mencegah kanker usus besar termasuk dengan mengubah pola makan. Nah, kebiasaan makan berikut perlu Anda lakukan jika Anda tidak ingin menderita kanker usus besar.

Kurangi Konsumsi Daging Merah

Apakah Anda suka mengonsumsi daging merah seperti daging sapi atau daging kambing? Ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan makan daging merah ini jika tidak ingin mengalami kanker usus besar. Menurut penelitian, jika Anda mempunyai kebiasaan mengonsumsi daging merah dalam jumlah besar, risiko mengalami kanker usus besar pun meningkat.

Pria yang mengonsumsi daging merah sebanyak 300 gram setiap hari dan wanita yang mengonsumsi 200 gram daging merah per harinya mempunyai risiko terkena kanker usus besar yang meningkat sebanyak 30-40%. Risiko terkena kanker usus besar ini akan semakin meningkat jika daging merah yang dikonsumsi adalah daging merah olahan.

Selain mengurangi konsumsi daging merah, Anda bisa menurunkan risiko terkena kanker usus besar dengan mengonsumsi produk sop 100+.

Masak Daging dengan Benar

Konsumsi daging merah kerap dikaitkan dengan kanker usus besar salah satunya karena cara memasak daging tersebut. Memasak daging dengan cara membakar, memanggang, atau menggoreng dengan suhu tinggi hingga bagian luar daging ada yang hangus bisa membentuk senyawa karsinogenik akibat interaksi antara kreatinin otot dan asam amino.

Sebaiknya menghindari memasak daging dengan cara tersebut jika tak ingin meningkatkan risiko terkena kanker usus besar. Cara yang paling aman adalah dengan merebus daging merah, meski Anda masih perlu membatasi konsumsi daging merah tersebut.

Dengan membatasi konsumsi daging merah terutama yang digoreng atau dibakar hingga agak gosong,

Daging Rendah Lemak

Selain daging merah sendiri dan cara memasaknya, rupanya lemak pada daging juga menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko kanker usus besar. Jika Anda mengonsumsi lemak dalam jumlah tinggi, sejumlah besar asam empedu akan dilepaskan ke dalam saluran pencernaan untuk membantu mencerna lemak tersebut.

Asam empedu tersebut kemudian diubah menjadi asam empedu sekunder yang berpindah ke usus besar dan menstimulasi pertumbuhan tumor di dalam usus besar. Oleh karena itu, dalam keterbatasan mengonsumsi daging merah, Anda sebaiknya memilih daging merah yang rendah lemak.

Sebenarnya Anda juga bisa mengganti daging merah dengan sumber protein lain seperti daging ayam, ikan, maupun kacang-kacangan agar lebih sehat dan terhindar dari kanker usus besar. Tentu akan lebih afdol jika Anda juga mengkonsumsi salmon ovary peptide

Mengkonsumsi Banyak Buah dan Sayur

Tak lupa, Anda juga perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Kandungan serat yang tinggi dalam buah dan sayur akan membantu menurunkan risiko kanker usus besar. Serat tinggi dalam buah dan sayur membantu memperlancar proses pencernaan sehingga makanan tidak akan terlalu lama berada dalam usus besar. Racun-racun tidak akan terkonsentrasi dalam usus besar sehingga risiko kanker usus besar pun bisa ditekan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
WhatsApp BELI SOP SUBARASHI via WA