Tips Untuk Tekanan Darah Tinggi

 

Darah tinggi atau hipertensi bisa jadi biang dari segala gangguan kesehatan lainnya. Menurunkan tekanan darah tinggi juga boleh dikatakan gampang-gampang susah. Untuk pengobatannya, dokter biasanya akan memberikan resep obat penurun tekanan darah tinggi.

Tips Membantu Pengobatan Darah Tinggi

Namun, sebelum periksa ke dokter, Anda sebenarnya bisa melakukan beberapa cara untuk mengobati atau menurunkan tekanan darah. Salah satunya bisa dengan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut tips sederhana untuk menjaga tekanan darah.

  1. Rendam Kaki Dalam Air Panas

Cara pertama untuk menjaga tekanan darah stabil adalah dengan merendam kaki dalam air panas. Cara ini efektif dapat mendinginkan bagian kepala dan leher serta mengontrol aliran darah ke otak.

Caranya, siapkan tempat untuk mengisi air panas. Letakkan tempat air panas itu di bawah tempat duduk Anda. Selanjutnya, masukkan kaki Anda ke dalam air panas. Dengan cara itu, perlahan darah bergerak dari kepala ke kaki, dan tekanan darah pun kembali normal.

  1. Rileks Pada Posisi Yoga

Jika tiba-tiba tekanan darah Anda naik tinggi, jangan panik. Anda harus tetap rileks dan lakukan seperti pada posisi yoga. Pose yoga ini dapat membantu memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah.

Caranya, Anda berbaring telentang dan tutup mata. Lalu fokus dan buat otot-otot tubuh kembali rileks. Lakukan itu selama kurang lebih 15 menit sampai Anda benar-benar merasa rileks.

2.Minum Air Putih

Kekurangan air atau dehidrasi bisa menyebabkan volume darah turun, yang pada akhirnya bisa memicu tekanan darah tinggi. Untuk menghindari hipertensi, Anda perlu rutin minum air putih, minimal 2 gelas sehari.

3.Mendengarkan Musik

Suara musik klasik membuat Anda tenang. Ternyata, kebiasaan mendengarkan musik klasik dapat membantu mengurangi tekanan darah. Apalagi, jika mendengarkan musik sambil melakukan latihan pernafasan, tentu hasilnya akan lebih maksimal.

4.Berlatih Napas Dengan Lubang Hidung Kiri

Menghirup udara melalui lubang hidung sebelah kiri ternyata dapat menjaga tekanan darah. Sebab, dengan bernapas lewat hidung kiri, pembuluh darah menjadi rileks dan hormon stres pun berkurang.

Caranya, tutup lubang hidung kanan, ambil napas melalui lubang kiri, tahan sejenak, kemudian hembuskan nafas.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *